Pagerank adalah suatu web analisis "Link" yang dipergunakan oleh Google Search Engine untuk menentukan dan mengukur seberapa pentingnya sebuah halaman (page) website. Algoritma tersebut merupakan ciptaan dari Larry Page dan Sergey Brin yang juga merupakan pendiri Google search Engine. Pagerank merupakan Paten Google yang terdiri dari skala 0 sampai 10 (Angka 10 adalah yang tertinggi). Pagerank Google juga merupakan salah satu parameter yang dipakai oleh Google Search Engine untuk menentukan ranking keyword kita di hasil pencarian google. Semakin tinggi nilai Pagerank suatu Website, semakin tinggi pula kesempatan keyword-nya muncul di halaman pertama pencarian Google Search Engine. Contoh : Dengan Keyword yang sama, Website yang memiliki Pagerank 8 akan memiliki kesempatan yang lebih untuk muncul di Halaman pertama Google Search Engine dibandingkan dengan Website yang hanya memiliki Pagerank 1.
Konsep dasar penentuan Pagerank adalah jumlah Link yang menuju ke sebuah website, baik berupa Internal Link maupun External Link. Makin banyak backlink yang menuju ke sebuah halaman Website menunjukkan makin pentingnya Halaman tersebut. Pagerank bukan hanya ditentukan oleh Kuantitas backlink, tetapi juga ditentukan oleh Kualitas suatu Backlink.
Kuantitas backlink adalah Jumlah backlink yang menuju ke sebuah halaman website sedangkan Kualitas backlink adalah Pagerank dari sebuah website yang memiliki backlink ke halaman website anda. Ada beberapa cara untuk mengetahuinya, salah satunya menggunakan cekpagerank.info. Parameter yang digunakan website ini untuk menentukan kualitas suatu halaman web antara lain popularity, backlink, indexed, dan listed in DMOZ.
Di cekpagerank.info parameter DMOZ sangat mempengaruhi kualitas ranking suatu website. DMOZ (Directory Mozilla Project), atau yang sering dikenal sebagai ODP (Open Project Directory) adalah kumpulan direktori tentang websites dan webpages yang besar dan terkategori, dimana dikelola oleh sukarelawan. Setiap websites dan webpage yang dimasukkan ke dalam direktori harus secara manual sudah direview sebelum dimasukkan. Untuk mendaftar ke dalam direktory tidak dipungut biaya/gratis. Di DMOZ ini, banyak search engine yang tunduk padanya, antara lain Alexa, Yahoo, AOL, Lycos, Teoma, Hotbot dan yang lain. Bahkan google pun yang merupakan search engine terbesar di jagat raya telah sukses membuat google directory di DMOZ ini. Sangat bagus sekali jika suatu website berhasil terdaftar dalam kategori DMOZ, karena tidak semua website dapat masuk ke dalam directory DMOZ ini. Dengan terdaftarnya suatu website pada directory DMOZ, berarti ladang traffic pun akan segera menghampiri website itu.
Secara logika, blog atau situs yang terdaftar kedalam naungan DMOZ mengalami peningkatan traffic karena blog/site akan muncul pada setiap direktori search engine terkenal. Karena setiap anda posting artikel, artikel anda akan lebih cepat masuk ke dalam jajaran google. Dari situlah traffic akan muncul dengan sendirinya.
Kali ini saya akan membandingkan dua buah subdomain dari web www.gunadarma.ac.id yaitu http://ps-reksis.gunadarma.ac.id/ dan http://ps-elektronika.gunadarma.ac.id/, setelah mengklik submit pada halaman cek page rank, maka akan tampil informasi seperti gambar:
Dari data diatas kita dapat melihat bahwa hasil penilaian kedua website tersebut sama. Dari 7 parameter yang ada, hanya 2 parameter yang bernilai yaitu Alexa popularity 32238 dan Alexa backlink 1, sisanya nol. Kedua website ini tidak terlalu populer di dunia maya, hal ini ditunjukkan dengan rendahnya penilaian berdasarkan parmeter tersebut dan tidak terdaftarnya kedua website tersebut di DMOZ.
Referensi :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar